Kamis, 06 Mei 2010

ASAM SIANIDA (HCN)

Asam sianida seperti halida hidrogen, adalah zat molekular yang kovalen, namun mampu terdisosiasi dalam larutan air, merupakan gas yang sangat beracun (meskipun kurang beracun dari H2S), tidak bewarna dan terbentuk bila sianida direaksikan dengan sianida. Dalam larutan air, HCN adalah asam yang sangat lemah, pK25°= 9,21 dan larutan sianida yang larut terhidrolisis tidak terbatas namun cairan murninya adalah asam yang kuat.
Cairan HCN memiliki titik didih 25,6°C dan memiliki tetapan dielektrik yang sangat tinggi (107 pada 25°) sehubungan dengan penggabungan molekul molekul polar (seperti H2O) oleh ikatan hidrogen dan cairan HCN tidak stabil dan dapat terpolimerisasi dengan hebat tanpa adanya stabilisator (Cotton dan Wikinson, 1989: 305)
Asam bebas HCN mudah menguap dan sangat berbahaya, sehingga semua eksperimen, dimana kemungkinan asam sianida akan dilepas atau dipanaskan, harus dilakukan didalam lemari asam (Vogel, 1990: 333).
Asam sianida cepat terserap oleh alat pencernaan dan masuk kedalam aliran darah lalu bergabung dengan hemoglobin di dalam sel darah merah. Keadaan ini menyebabkan oksigen tidak dapat diedarkan dalam sistem badan. Sehingga dapat menyebabkan sakit atau kematian dengan dosis mematikan 0,5-3,5 mg HCN/kg berat badan.
Glikosida sianogenetik merupakan senyawa yang terdapat dalam bahan makanan nabati dan secara potensial sangat beracun karena dapat terurai dan mengeluarkan hidrogen sianida. Asam sianida dikeluarkan dari glikosida sianogenetik pada saat komoditi dihaluskan, mengalami pengirisan atau mengalami kerusakan.
Senyawa glikosida sianogenetik terdapat pada berbagai jenis tanaman dengan nama senyawa berbeda-beda, seperti amigladin pada biji almond, apricot, dan apel, dhurin pada biji shorgun dan linimarin pada kara dan singkong. Nama kimia amigladin adalah glukosida benzaldehida sianohidrin, dhurin adalah glukosida p-hidroksi-benzaldehida sianohidrin dan linamarin glikosida aseton sianohidrin (Winarno, 2002: 230).

14 komentar:

  1. Wah bagus nih.....................
    Salam knal yach........................
    Dah membantu nih buat tugas Fisiologi Tumbuhan gw......

    BalasHapus
  2. baru liat niy comment.. sama sama yah.. semoga berguna.

    BalasHapus
  3. sifat asam sianidanya yang mana??

    BalasHapus
  4. syara ======= >

    sifatnya bisa diambil dari tulisan diatas seperti, sifatnya yang beracun, titik didihnya yang rendah yaitu disebutkan diatas, dan juga asam atau pKa nya rendah.. ya kan.. :)

    BalasHapus
  5. mkChhh......z taz infonya
    akhirnya bZa nGerjaEn tgaZ jG,,,,
    MoGa Allah mbaLz kebaekn U....
    THANK'Z

    BalasHapus
  6. mba.... judul proposalnya tentang pengaruh waktu perebusan pada buah dari bunga tanjung yaaa?? pliiis blz ya mbaa... my FB,,,, vhey_sweety@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. syukron yaa ukhty :)

    BalasHapus
  8. membantu skali buat saya untuk penelitian kasus pembunuhan dengan motif pembunuhan racun dengan SIANIDA , makasih yaa ;)

    BalasHapus
  9. Bagus, sangat membantu..
    Terima kasih..

    BalasHapus
  10. ada lagi g smua tentang HCN..??
    Lagi butuh banget nie...kalo ada bukunya jg gt...

    BalasHapus
  11. ini sangat membantu..
    trima kasih

    BalasHapus

please leave your comment :)